Penjarahan Minyak Harus Segera Dihentikan

Jakarta (16/10) – Ecky Awal Mucharam, anggota Badan Anggaran DPR RI, mengatakan bahwa penjarahan minyak harus segera dihentikan. Menurut Ecky nilai kerugian negara dari penjarahan minyak ini sangat signifikan karena mencapai ratusan miliar rupiah. Sebelumnya pada awal bulan Pertamina pernah mengatakan bahwa kerugian mencapai lebih dari Rp 200 miliar.

“Menurut Pertamina pada 2010 jumlah minyak mentah yang dijarah mencapai 8.120 barel, dengan memperhitungkan harga ICP dan kurs pada saat itu maka kerugian mencapai Rp 5,8 miliar. Pada 2011 harga minyak melonjak, akibatnya jumlah minyak mentah yang dijarah juga melonjak lebih dari sepuluh kali lipat menjadi 94.529 barel atau senilai Rp 92,5 miliar. Pada 2012 penjarahan makin menjadi-jadi, sampai saat ini sudah 267.510 barel minyak mentah yang dijarah atau senilai Rp 285 miliar. Dan angka ini masih bisa bertambah sampai akhir tahun. Ini merupakan kerugian Pertamina yang notabene adalah perusahaan milik negara”, kata Ecky.

Anggota Fraksi PKS itu menambahkan bahwa kerugian dari penjarahan minyak bukan hanya hilangnya minyak, tapi juga infrastruktur pendukung seperti pipa yang dicuri dan sebagainya. Yang dicuri juga bukan hanya milik Pertamina, tapi juga perusahaan minyak lain. Ecky menyoroti gangguan keamanan ini dengan target lifting minyak Indonesia yang selalu tidak tercapai sehingga merugikan penerimaan negara dari sektor migas.

“Selama ini tidak tercapainya target lifting minyak mungkin tidak terasa karena harga minyak terus naik, sehingga target penerimaan negara secara nominal tetap tercapai, namun sesungguhnya itu tidak optimal karena ada kebocoran”, kata Ecky.

Menurut Ecky dengan dividen Pertamina yang disetor ke negara sebesar Rp 7,2 triliun maka nilai penjarahan minyak itu cukup fantastis karena bisa mencapai 4-5 persen dari nilai dividen. Ecky meminta pemerintah menindak tegas seluruh pihak yang terlibat dalam aktivitas ini karena menimbulkan kerugian negara yang sangat besar.
Sumber: Fraksi PKS DPR RI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: