Aher Dipuji Seperti Jokowi

Islamedia – Jokowi effect terasa sampai ke Pilgub Jawa Barat. Figur pemimpin yang sederhana dan dekat dengan rakyat juga menjadi harapan pemilih Jawa Barat.

“Jawa Barat juga menginginkan gubernur seperti Jokowi, memiliki karakterristik yang tidak sok pejabat, lebih sederhana, dan ada keinginan untuk melayani rakyat, karena masyarakat Jawa Barat itu kan heterogen. Saya rasa sosok pemimpin seperti itu yang akan lebih dipilih,” ujar Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Hamdi Muluk, Senin (12/11/2012).Hamdi yang juga warga Depok, Jawa Barat, secara pribadi juga mengharapkan figur pemimpin yang mumpuni. Calon Gubernur Jawa Barat petahana Ahmad Heryawan (Aher) cukup memiliki figur Jokowi, juga memiliki catatan keberhasilan dalam memimpin Jawa Barat selama empat tahun lebih.

“Ahmad Heryawan ada kemajuannya memimpin Jawa Barat, dia juga sosok pemimpin muda yang sederhana, dan religius,” kata Hamdi.

Sayangnya keberhasilan pemerintahan Jawa Barat tidak dituai hasilnya oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, yang juga maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat kali ini.

“Karena keberhasilan pemerintah itu efeknya ke gubernurnya, bukan ke wakil gubernur. Jadi Dede Yusuf untuk maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat incumbent, perlu berjuang lebih keras lagi, melakukan pendekatan lebih gencar lagi kepada kalangan masyarakat bawah,” kata Hamdi.

Begitu pun dengan calon Gubernur Jawa Barat yang diusung tunggal oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Rieke Diah Pitaloka, belum tentu akan mampu menuai sukses seperti rekannya, Jokowi, di Pilgub DKI Jawa Barat.

Meski menjadi satu-satunya calon gubernur wanita yang cantik, dan meniru gaya kampanye Jokowi dengan berkemeja motif kotak-kotak. Rieke yang juga anggota dewan dan artis sinetron populer, perlu menanamkan sosok kesederhanaannya dan kedekatannya dengan masyarakat Jawa Barat secara menyeluruh.

“Belum tentu Rieke bisa seperti Jokowi,” ucap Hamdi.

Dengan karakter masyarakat yang heterogen yakni mayoritas masyarakat pedesaan dan sebagian sisanya masyarakat perkotaan, calon Gubernur Jawa Barat perlu berusaha lebih keras mendongkrak elektabilitasnya.

“Secara umum dengan heterogenitas itu, yakni masyarakat perkotaan dan pedesaan, terpelajar dan tidak, melek informasi dan tidak. Jawa Barar lebih sulit ditaklukkan,” kata Hamdi. (inilah)

sumber: inilah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: