PKS: Korban Banjir Butuh Bantuan Bukan Komentar

hnwTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Musibah banjir Jakarta belum juga usai. Beberapa wilayah masih didapati genangan air cukup tinggi, yang menyebabkan aktivitas masyarakat di sekitarnya belum berjalan normal.

Menurut Ketua Fraksi PKS Hidayat Nurwahid, masyarakat butuh bantuan konkret, karena musibah banjir ini sudah merata di wilayah Jakarta, sehingga dibutuhkan banyak tenaga untuk mengatasinya.

“Langkah konkret kita, tentu saja turun ke lapangan dan membantu korban banjir, bukan banyak komentar,” kata Hidayat dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com, Minggu (20/1/2013).

Hidayat menyayangkan pihak-pihak yang melontarkan komentar sinis pada aktivis atau kader partai yang turut berpartisipasi mengatasi banjir.

Mantan Presiden PKS itu menegaskan, bahwa kepedulian PKS pada musibah banjir bukan hanya dilakukan pada masa-masa tertentu saja. “Kami selalu ada, kader selalu turun dan siap mendampingi dan membantu korban banjir, bahkan sejak sebelum partai kami berdiri,” imbuh Hidayat.

Sementara, Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta Selamat Nurdin meminta seluruh kader PKS untuk terlibat aktif dalam tanggap darurat banjir. Ia juga meminta seluruh struktur PKS di tingkat kotamadya hingga kelurahan untuk membentuk posko banjir dan mendata kebutuhan pokok di lapangan dan  berupaya untuk mensuplai kebutuhan korban banjir tersebut.

“Pada hakikatnya kita membuka posko di seluruh kecamatan dan kelurahan dan di  titik-titik yang tidak tercover  oleh bantuan pemda dan khususnya daerah-daerah yang terendam cukup tinggi,  seperti daerah Manggarai yang surutnya lama, jadi kita prioritaskan,” terangnya..

Lebih lanjut, Nurdin meminta kepada pemerintah DKI Jakarta untuk membuka partisipasi publik seluas-luasnya, baik perorangan maupun lembaga, tidak terkecuali partai politik. ” Sebenarnya kalau kiprah dari PKS sendiri sebelum ada gubernur terpilih sudah berjalan, jadi tidak bisa di katakan ini menjelang kampanye pemilu saja. Siapapun yang ingin membantu meringankan permasalahan, mau pakai bendera parpol, ormas, LSM, masyarakat sendiri yang akan menilai,” cetusnya.

Oleh karena itu, Nurdin mengajak masyarakat yang tidak terkena musibah banjir untuk bersama PKS berpartisipasi meringankan beban korban banjir di lapangan. Warga bisa bergabung di posko PKS untuk membantu di dapur umum dan menyalurkannya kepada para korban, atau bantuan bisa juga berupa uang tunai, makanan siap  saji atau hal lainnya yang dibutuhkan oleh korban banjir. “Setidaknya ada upaya untuk partisipasi publik, lebih bagus dan meringankan permasalahan warga,” ucapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: