PKS Ingin Keluar dari Polarisasi Politik Aliran

anis-mattaJakarta (Antara) – Presiden PKS Anis Matta mengatakan partainya ingin keluar dari polarisasi politik aliran karena tidak bisa berpikir dalam satu spektrum yang sama dalam semangat kebangsaan.

“Kami ingin keluar dari polarisasi politik aliran karena tidak bisa berpikir dalam satu spektrum yang sama,” kata Anis Matta di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, pengkotak-kotakan bangsa tidak bagus bagi kebersamaan dalam konteks kebangsaan.

Dia mengatakan masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir dengan masalah identitas karena hal itu sudah selesai.

“Kita tidak perlu khawatir dengan identitas karena itu sudah selesai,” ujarnya.

Dia menjelaskan tidak bisa diperbandingkan kondisi politik saat Pemilu 1955 yang kuat politik alirannya namun tinggi tingkat partisipasinya dengan kondisi saat ini.

Anis mengatakan pada saat Pemilu 1955 terjadi euphoria kemerdekaan Indonesia dan berbeda dengan saat ini.

“Tidak bisa diperbandingkan karena alat pembandingnya berbeda. Saat itu hanya satu kali pemilu di tahun 1955 sedangkan sekarang tiga kali pemilu (era reformasi),” katanya.

Dia menilai saat ini PKS ingin menjaring semua pemilih dari berbagai kalangan dan tidak terbatas pada satu golongan tertentu.

Sebelumnya Partai Persatuan Pembangunan kembali menggulirkan wacana koalisi partai-partai berbasis massa Islam menjadi satu kekuatan menjelang Pemilu Presiden 2014.

Konvensi itu untuk menjaring calon presiden yang mewakili umat muslim Indonesia secara menyeluruh. Melalui mekanisme tersebut, PPP mengharapkan dapat menjaring tokoh-tokoh alternatif bagi umat Islam.

PPP menilai melalui pelibatan parpol berbasis Islam atau berorientasi pemilih Islam dan organisasi masyarakat Islam maka ada penguatan yang terjadi di antara sesama muslim untuk meentukan nasib bangsa Indonesia. (ar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: